Miscellanous Tips & Tell

Tampil Cantik dengan Batik di Hari Kemerdekaan

Sebentar lagi negara kita yang tercinta akan merayakan hari kemerdekaannya yang ke-73. Menjelang hari bersejarah tersebut biasanya cukup banyak undangan berdatangan ya temans. Baik itu acara kantor, arisan dengan teman segenk, atau sekedar kumpul keluarga besar. Mulai dari tema casual, semi formal, hingga formal. Di zaman milenial ini, acara kumpul-kumpul simple juga terkadang memakai dress code, betul nggak? Dan kalau berdekatan dengan perayaan istimewa tertentu, seperti hari kemerdekaan ini misalnya, biasanya tema pakaian yang diajukan dan paling mudah dicari adalah BATIK. Yap, selain sudah dipatenkan sebagai warisan budaya Indonesia, baju batik masa kini itu bersifat multifungsi. Percaya nggak percaya, modal 1 baju batik saja bisa kita gunakan entah sekedar buat nge-mall, ke rumah saudara, bahkan ke kondangan atau acara kantor.
Nah, kali ini Mel’s Playroom mau sharing sedikit rekomendasi 5 gaya baju batik yang bisa kamu pakai agar tetap tampil ciamik tanpa bikin kantong bolong.

1. Ditantang dress code merah putih? Siapa takut!


Dress batik keluaran brand Cantique ini kece banget ya sis. Modelnya juga universal sehingga bisa dipakai di segala jenis acara dari casual sampai semi formal. Bahannya juga lentur dan nyaman.

2. Tampil casual dengan rok mini juga bisa!


Pakai baju batik nggak melulu bakal terlihat tua atau tampak seperti ibu-ibu. Padu padan dengan rok mini denim ini bisa membuat dirimu terlihat lebih chic, stylish, dan muda pastinya.

3. Siapa bilang padanan kebaya dan batik akan terlihat old school?


Mendengar kata kebaya dan batik biasanya yang terlintas di kepala adalah model atasan kebaya dan kain batik sebagai bawahan yang sering ditemui di berbagai acara formal. Tapi ternyata kebaya juga bisa berpadu manis dengan dress batik juga lho. Bisa dipakai untuk kondangan pula tanpa takut terlihat jadul!

4. Motif batik nggak melulu ramai dan monoton nggak melulu boring


Batik nggak melulu identik dengan motif dan warna ramai nan mencolok. Motif batik parang dengan sentuhan warna navy blue ini juga bisa membuatmu tampak lebih elegan. Padukan dengan celana panjang hitam untuk kesan casual atau rok mini putih untuk kesan semi formal.

5. When batik meets peplum, amore mio!


Siapa sangka ketika kain batik dibuat model peplum dress ternyata hasilnya sangat memukau dan elegan ya! Ditambah model lengan sabrinanya bakal bikin kamu terlihat lebih modis.
Menggemari pakaian batik juga harus tahu cara merawatnya supaya baju lebih tahan lama. Karena sifatnya yang unik, merawat baju batik juga terbilang susah-susah gampang. Berikut ini ada sedikit tips dalam merawat pakaian berbahan batik agar lebih awet dan nggak mudah pudar.

  1. Pisahkan baju batik dengan baju lain saat pencucian karena warna pada baju batik umummnya mudah luntur.
  2. Rendam dengan air hangat dan hindari deterjen. Gunakan shampo sebagai alternatif. Kenapa shampo? Soalnya, zat kimia yang terkandung di dalam shampo tidak sekeras deterjen sehingga mampu menjaga warna batik lebih tahan lama.
  3. Rendam dengan air hangat agar kotoran yang menempel pada baju batik lebih mudah luruh.
  4. Jangan lupa untuk membalik baju batik saat menjemur agar sinar matahari tidak memapar warna batik secara langsung.

Nah, apa sekarang sudah muncul ide ingin berbusana apa di tanggal 17 Agustus nanti? Yuk, silahkan share dan komen apa sih jenis fashion yang paling kamu banget di kolom komentar.


Disclaimer: This post is a paid post in collaboration with Matahari Mall, managed by Blogger Perempuan.

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

4 Comments

  1. Batik memang ok bgt..

    1. setuju banget sis ^^

  2. Hastira Soekardi says:

    memang batik sekarang bisa dipakai di kesempatan pa saja termasuk santai ya

    1. Yesss… bangga banget ya kita sebagai orang Indonesia bisa punya baju batik yang gak dimilikin negara lain ^^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *