terra beaute skincare review

Skincare lokal benar-benar nggak ada matinya. Terra Beaute (baca: tera byut) turut muncul meramaikan pasar skincare tanah air dengan komitmen ramah lingkungan. Komitmen ini diwujudkan pada penggunaan 100% bambu yang biodegradable di bagian penutupnya.

Selain memegang konsep kemasan yang eco-friendly, Terra Beaute juga meyakini bahwa kecantikan tidak hanya tentang visual, tapi juga perasaan yang membuat pemilik wajah merasa lebih baik. Maka dari itu, Terra Beaute berfokus untuk menjaga dan merawat kulit wajah dengan membuat produk-produk yang dapat membantu memancarkan kecantikan alami kulit.

Berangkat dari visi tersebut, Terra Beaute memiliki motto berupa nurturing, refreshing, and relaxing. Artinya Terra Beaute ingin menciptakan produk yang dapat merawat kulit dan memberikan pengalaman pemakaian yang menyegarkan sekaligus merelaksasi kulit wajah. Kemasan produk pun didesain sedemikian rupa agar menciptakan kesan yang unik dan selalu diingat oleh penggunanya.

Tak salah memang karena sewaktu saya mengunggah Instagram Story dan Feed, banyak yang memuji kemasan Terra Beaute.

“Packaging-nya cakep amat.”

“Nggak kelihatan kayak skincare lokal, lho.”

“Packagingnya keren dan eksklusif banget.”

Adalah rata-rata komentar yang saya dapatkan tentang kemasan Terra Beaute. Saya sangat setuju karena nuansa coklat doff pada botol plastiknya memberikan kesan yang elegan. Tak lupa penutup yang terbuat dari 100% biodegradable bamboo semakin mempercantik penampilannya. Untuk botol cleanser dan tonernya sendiri memiliki bentuk yang gemuk sehingga sangat handy dan nyaman digenggam.

Oh ya, saya lupa memberitahukan kalau saya berkesempatan mencoba 3 produk Terra Beaute sebagai berikut:

  • Radiance Facial Cleanser – Brightening & Hydrating
  • Radiance Facial Toner – Brightening, Hydrating, & Exfoliating
  • Citrea Brilliance Serum – Nourishing & Revitalizing

Ketiga produk tersebut aman untuk ibu hamil dan menyusui ya. Ketiganya akan saya bahas satu per satu di bawah ini.

Terra Beaute Radiance Facial Cleanser – 120 ml

terra beaute skincare review

Mengandung Alpha Arbutin, Aloe Vera, dan Carica Papaya Extract berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa makeup dan kotoran pada wajah. Kandungan pepaya dan aloe vera membantu menjaga kelembaban kulit.

Baca juga:  Milna Nature Puff Organic Bantu Rangsang Motorik Bayi

Teksturnya berupa gel cair bening dengan aroma yang mengingatkan saya pada sirup markisa. Tidak mengandung SLS sehingga busa yang dihasilkan juga tidak banyak. Saya suka juga dengan sabun yang tidak banyak busa, hanya saja setelah membilas wajah, saya masih merasakan kulit agak sedikit kering. Harus segera menggunakan skincare agar kembali lembab.

Terra Beaute Radiance Facial Toner – 120 ml

terra beaute skincare review

Facial toner ini mengandung AHA jenis glycolic acid, niacinamide, dan swiss licorice (glycyrrhiza glabra) extract yang membantu membersihkan sisa makeup, kotoran, dan mengangkat sel kulit mati. Toner ini juga bisa membantu menyamarkan flek hitam dan bekas jerawat.

Saat tahu toner ini mengandung asam glikolat, saya deg-degan pakainya karena selama ini kulit saya anti sama zat ini. Saya memakai toner ini juga selama seminggu 2x saja dengan cara dituang ke kapas lalu diusapkan ke wajah setelah cuci muka.

Kenapa hanya seminggu 2x? Karena toner ini berfungsi sebagai eksfoliator, jadi memang sebaiknya tidak digunakan setiap hari agar tidak over kecuali kulit kamu sangat badak dan tidak ada efek apapun saat digunakan setiap hari. Harap diingat agar selalu menggunakan hydrating toner/ serum setelah menggunakan exfoliating toner ya, agar kulit lebih tenang. Selain itu, esok paginya kita wajib memakai sunscreen untuk melindungi kulit. Pasalnya eksfoliasi membuat kulit kita jadi lebih kering dan sensitif terhadap sengatan matahari.

Keterangan pada label komposisi mencantumkan adanya etanol, tapi teman-teman tidak perlu khawatir karena berdasarkan informasi dari pihak brand, kandungan aslinya tidak menggunakan etanol sama sekali. Hanya saja mereka memang belum mengganti label karena masih proses registrasi nomor BPOM yang baru. Semoga saja dalam waktu singkat sudah bisa diganti dengan label baru sehingga calon pelanggan tidak khawatir. Berdasarkan apa yang saya rasakan juga tidak ada aroma alkohol atau sensasi dingin yang biasa menjadi ciri khas adanya alkohol di dalam suatu produk.

Baca juga:  Kosmetik yang Wajib Dibawa Saat Travelling!

Tekstur tonernya sangat cair dan memiliki aroma sirup markisa serupa dengan cleanser-nya. Ketika diusapkan, ada sedikit sensasi cekit-cekit khas AHA tapi hanya beberapa detik saja lalu hilang.

Terra Beaute Citrea Brilliance Serum – 15 ml

terra beaute skincare review

Mengandung vitamin C, palmitoyl tripeptide-5, dan hydrolized collagen untuk mencerahkan kulit wajah, menyamarkan garis halus, dan kerutan pada kulit wajah (anti aging) serta noda hitam bekas jerawat. Bisa dipakai untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif.

terra beaute skincare review

Vitamin C yang digunakan pada serum ini adalah 3-O Ethyl Ascorbic Acid. Zat turunan vitamin C yang relatif stabil sehingga bisa disimpan pada suhu ruang. Sebelumnya saya sempat membahas tentang 3-O Ethyl Ascorbic Acid di sini.

Palmytoyl Tripeptide-5 berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen dan memperbaiki  tekstur kulit sehingga membuat kulit tampak lebih muda. Keluarga peptida memang banyak digunakan pada produk anti aging karena khasiatnya ini.

Hydrolyzed Collagen sebenarnya merupakan bagian dari molekul protein kolagen yang dipotong secara kimiawi. Biasanya didapat dari ikan atau sapi dan bekerja sebagai pelembab serta bersifat humektan yang membantu mengikat air di dalam kulit.

Berbeda dengan kemasan sabun dan toner, kemasan serum terbuat dari amber glass yang dilapisi doff dengan aplikator pipet. Tekstur serumnya sendiri berupa cairan berwarna bening transparan dengan aroma khas asam manis.

Cara pakai serum ini biasanya saya teteskan sebanyak 2x ke telapak tangan, usap sebentar dengan kedua telapak tangan lalu tepuk perlahan ke seluruh wajah dan leher. Uniknya ketika mengaplikasikan serum ini, muncul seperti busa-busa putih. Bisa jadi cairan serumnya bereaksi dengan cairan toner yang belum kering sempurna di kulit wajah. Busa-busa ini akan hilang setelah kita tepuk-tepuk hingga meresap. Setelah serum meresap, kulit jadi terasa sedikit tacky sehingga kita harus segera menggunakan pelembab untuk menetralisirnya. 

Hasil Pemakaian

Foto di atas adalah hasil pemakaian produk skincare Terra Beaute selama kurang lebih 2 minggu. Foto diambil menggunakan cahaya lampu ruangan dan tidak menggunakan filter apapun. Perbedaan warna dikarenakan faktor cahaya. Seperti yang terlihat, bekas jerawat saya sedikit memudar dan pori-pori tersamarkan. Hanya saja 3 hari terakhir saya sedang menghentikan pemakaian toner dan serum akibat adanya jerawat yang muncul di dagu. 

Baca juga:  Khasiat Argan Oil untuk Kecantikan

Kulit saya memang sensitif terhadap glycolic acid dan ditambah seminggu terakhir ini saya sedang dilanda stress yang lumayan serta banyak mengonsumsi makanan manis. Nggak heran kalau jerawat jadi tiba-tiba bermunculan.

Keterangan:

  1. Kiri – bakal jerawat mulai muncul
  2. Kanan – jerawat sudah mereda. Lingkaran kuning menandakan jerawat baru yang muncul belakangan

Ketika sedang berjerawat saya memilih tidak menggunakan produk pencerah kulit untuk sementara waktu agar tidak semakin merangsang. Untuk meredakan jerawat saya biasanya menggunakan face oil serum organik agar jerawatnya segera kempes. Setelah jerawat reda, baru saya kembali menggunakan produk brightening.

Video lengkap penggunaan skincare Terra Beaute bisa dilihat melalui link berikut:

https://vt.tiktok.com/ZSgpwdx5/

Sejauh ini, saya lumayan suka menggunakan produk dari Terra Beaute untuk produk cleanser dan serumnya. Selain karena kemasannya yang cantik menggemaskan, formula dari produknya sendiri menarik dan memberikan efek yang oke. Dari segi harga, bisa dibilang memang sedikit lebih mahal dari produk skincare lokal pada umumnya. But I believe that there is price, there is quality. Kalau kalian, tertarik mencoba produk skincare Terra Beaute yang mana nih?

Informasi lebih lanjut: www.terrabeaute.id | @terrabeaute_ 

Thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple of kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full-time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com. Follow my Instagram and Twitter account @melsplayroom for more skincare updates. Let's be friends!

18 Comments

  1. Wah aku baru tau kalo kukit lagi berjerawat kita tidak diperbolehkan menggunakan skincare yang ada pencerahnya karena akan merangsang munculnya jerawat. Pantesan aja bukannya malah sembuh jerawatnya malah makin nambah. Thanks ilmunya kak Melissa

  2. kemasannya cantik banget aslii.. hasilnya juga langsung kelihatan. cocok banget nih buat pemilik wajah acne prone..

  3. suka banget dengan produk-produk yang eco-friendly begini, meski saya belum semuanya eco-friendly produknya tapis aya pelan-pelan mengarah ke sana, apalagi punya lokal, makin bangga deh sama produknya. packagingnya juga memang cantik banget, saya suka, unik kayu-kayu gitu, berasa banget produk lokalnya

  4. sekarang aku kalo denger serum yang ada kandungan collagennya kayak langsung tertarik. yaa maklum usiaku sudah harus pakai collagen sepertinya hihi

  5. Komentarku juga sama kayak orang-orang, soalnya packagingnya emang bener bagus kak ? Bikin aku pengen coba jugaa!

  6. kemasannya sangat menarik perhatian deh mba ini, aq suka jadi bikin pengen nyobain juga apalagi ini produk lokal juga yah lagi demen tes terutama untuk serum wajah, ada bau yang kurang nyaman di hidung gak sih mba ?

  7. Skincare local bener2 tambah kece sih, udah gitu gampang didapet gak perlu impor.. kemasannya makin pengen cobain hehe

  8. aku udah cobain juga nih produk produknya terra beaute ini, ku suka banget sama si totol jerawatnya beneran mantuls sih di aku, jerawat lebih cepet kempesnya yaaa

  9. aku gemes banget sama packagingnya beb. Jadi pengen cobain deh. Hasil pemakainnya cukup keliatan juga ya beb.
    Uda gitu bahannya alami jadi aman untuk yg kulit sensitif ya

    1. Packagingnya bagus kak, manfaat nya juga banyak. Tertarik pengen coba ?

  10. tutupnya lucu ya mbak, aksen kayu gitu. menarik, kayaknya baru kali ini aku lihat skincare yang begitu desainnya. anw, thanks untuk ulasannya mba

  11. aku dari pertama liat langsung naksir sama kemasannya yang elegan banget, duh semoga kapan2 bisa nyobain brand ini

  12. Berarti kalo tonernya exfoliating dan serumnya mengandung vit C, ngga bisa dipakai bersamaan ya ka?

  13. Wah, ini juga skin care lokal? Bener ya, skin care lokal lagi masa keemasannya nih. Selalu ada yang baru dengan kemasan dan produk yang menarik. Terra Beaute ini look natural banget ya kemasannya. Hadeuh, aku mupeng dengan serumnya deh. Kepengen nyoba. Btw, efeknya lumayan signifikan. Ceki-ceki ah, siapa tahu bisa nabung buat beli serumnya. 😀

  14. Suka banget ama packagingnya yang retro dan kuno gitu kak
    kualitasnya juga asik banget itu ya, diterapkan dan betulan hilang senangnya pasti make ini ya kak
    apalagi bahannya alai pula

  15. Sekali lihatblangsung jatuh cinta sama packagingnyaaaa! Look aesthetic bgt! Jadi penasaran dengan manfaatnya kalau ku pakai langsung di wajah ku

  16. Packangingnya manis yaa…asa vintage-vintage gitu…
    Menarik sekali dan pesan yang dibawa produsen terra semoga sampai ke para wanita yaa..
    Untuk selalu merawat kulit menggunakan skincare berbahan alami.

    1. Manfaat menggunakan vitaminnya yaa..
      Ada anti-angingnya ini loo…aku langsung berbinar gitu…hehhee… Terra Beauty packangingnya terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: