The Plant Base Natural Cleansing Foam
Beauty Product Review Skincare

The Plant Base Natural Cleansing Foam, No More Double Cleansing?

Di tengah gencarnya kampanye double cleansing agar wajah terhindar dari jerawat, The Plant Base justru hadir dengan terobosan cleansing foam yang bisa menghapus makeup tanpa perlu double cleansing! Apa benar hasilnya ini bakal sebersih double cleansing? Mari kita ulas dan buktikan!

Asal-usul The Plant Base

Pertama-tama, sepertinya kita harus kenalan dulu kali ya dengan brand The Plant Base ini karena sepertinya masih asing di telinga. Brand The Plant Base ini merupakan rangkaian skincare dari Korea Selatan yang didistribusikan secara tunggal oleh e-commerce www.salubritas.id. Salubritas sendiri merupakan salah satu anak perusahaan yang berada di bawah naungan perusahaan oli Top 1.

The Plant Base saat ini memiliki 2 varian utama produk. Yang pertama merupakan Nature Solution series dan White Truffle series. Kedua rangkaian tersebut sama-sama ditujukan untuk jenis kulit kering dan sensitif. Perbedaannya adalah Nature Solution untuk hydrating dan anti-aging sedangkan White Truffle berfungsi untuk mencerahkan dan anti-aging. Produk The Plant Base Natural Cleansing Foam yang akan saya ulas kali ini merupakan bagian dari Nature Solution.

Keunggulan The Plant Base

Bicara soal produk kecantikan, pastinya setiap brand/ produk punya keunggulannya masing-masing dong, ya gak? Nah, berikut ini saya mau kasih tahu dulu apa saja keunggulan yang dimiliki oleh The Plant Base ini.

1. Bahan utama berupa ekstrak tumbuhan, bukan air

Biasanya pada bagian komposisi produk kecantikan, kita akan melihat tulisan water/ aqua di bagian paling awal. Namun, pada produk The Plant Base ini, water/ aqua justru berada di deretan keempat. Bahan utamanya mereka menggunakan ekstrak tanaman bambu atau Bambusa Vulgaris Extract sebesar 28.15%. Kondisi yang langka ditemukan pada produk kosmetik, ya kan?

Pertanyaannya, kenapa sih mereka memilih menggunakan ekstrak bambu daripada tumbuhan lain?

Jawabannya adalah karena ekstrak bambu kaya akan nutrisi seperti asam amino, polifenol, asam organik, vitamin B1 dan K yang baik untuk revitalisasi kulit. Ekstrak bambu sendiri selama ini dikenal sebagai ‘obat rumahan’ yang ampuh untuk menghilangkan bintik hitam dan tanda penuaan pada kulit. Dalam buku medis Jepang kuno, tercatat bahwa dulu sempat ada tradisi mengumpulkan air bambu setiap tanggal 5 Mei kalender lunar. Masyarakat dulu menyebut air bambu ini sebagai ‘air dewa’.

2. Tidak mengandung 17 bahan berbahaya (17 No’s)

Yakni tidak menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:

  • Paraben
  • Pigmen
  • Pewangi sintetis
  • Benzophenone
  • Mineral oil
  • TEA
  • BHT
  • BHA
  • SLS
  • Sorbicacid
  • Avobenzone
  • Imidazolidinul Urea
  • IPMP
  • Isopropyl Alcohol
  • Thymol
  • Triisopropanolamine
  • Triclosan

Baca juga: 5 Bahan Skincare Ini Harus Dihindari oleh Acne Prone Skin

Cuma di The Plant Base, saya menemukan produk yang tidak menggunakan 17 bahan di atas. Biasanya terbanyak yang pernah saya temui adalah 9-10 NO’s saja. Sampai sini, sepertinya produk ini layak diperhitungkan juga ya.

3. Memiliki bahan aktif dari ekstrak tumbuhan yang sudah dipatenkan

Namanya adalah INFLAXβ„’ yang berfungsi untuk membantu menenangkan kulit dan bekerja sebagai antioksidan. Kandungannya terdiri dari Daun Persik, Licorice, Opuntia Coccinellifera, dan Ekstrak Morus Alba.

4. Mengandung 19 minyak esensial alami, 5 diantaranya sudah bersertifikat ECOCERT

Untuk bagian komposisi, selengkapnya akan saya ulas sekalian di bawah nanti ya.

The Plant Base Natural Cleansing Foam Product Claim

The Plant Base Natural Cleansing Foam

Setelah membahas tentang keunggulan produk, kini saatnya saya singgung tentang klaim mereka atas sabun pembersih wajah ini.

The Plant Base Natural Cleansing Foam merupakan sabun pembersih wajah yang lembut dan bersifat hypoallergenic karena menggunakan bahan-bahan alami, seperti yang sudah disebutkan di atas, sehingga tidak akan mengiritasi kulit. Selain itu cleansing foam ini juga dapat membantu menenangkan kulit, mengembalikan energi kulit, dan memberikan kelembaban yang cukup pada kulit.

Sabun wajah asal Korea ini juga digadang mampu membersihkan makeup tanpa harus menggunakan first cleanser sebelumnya.

Packaging

Seperti kebanyakan sabun cuci muka, The Plant Base Natural Cleansing Foam memiliki kemasan berbentuk tube ukuran 120 ml dengan tutup flip-top di bagian bawahnya. Kemasan model ini sungguh memudahkan kita saat mengeluarkan isi produk karena tidak perlu dibolak-balik dan pastinya lebih higienis.

The Plant Base Natural Cleansing Foam

Ketika menggunakan produk pertama kali, jangan lupa buka dulu bagian tutupnya dan lepas segel yang ada di mulut tube.

Texture & Scent

Tekstur dari sabun wajah ini cenderung creamy dan ketika dibasahi air, lekas berubah menjadi busa. Eits, busa? Kan katanya di atas tadi tidak pakai SLS, kok bisa menghasilkan busa banyak begitu?

Jangan panik dulu gais, busa yang dihasilkan dari sabun The Plant Base ini berasal dari bahan alami, yaitu kelapa dan palm tree oil. Bahan surfaktan sebenarnya tetap diperlukan untuk menyatukan kandungan minyak, air, dan cairan lain untuk menurunkan kadar tekanan zat, prasyarat yang diperlukan untuk membuat busa.

Sabun pembersih wajah ini juga memiliki aroma citrus yang lembut tapi menyegarkan. Buat kalian pecinta aroma citrus, boleh banget ikutan nyobain produk ini.

Ingredients

The Plant Base Natural Cleansing Foam

Seperti yang sudah dijanjikan di atas, pada bagian ini saya akan memberitahukan 5 jenis minyak esensial alami yang sudah mendapat sertifikat ECOCERT, yaitu:

  • Lavandula Angustifolia Flower Water (Lavender)
  • Centaurea Cyranus Flower Water
  • Angelica Archangelica Root Water
  • Olea Europaea Fruit Oil (Olive)
  • Camellia Sinensis Leaf Extract

Baca juga: 5 Fakta Baru Tentang Skincare, Kamu Harus Tahu!

How to use

The Plant Base Natural Cleansing Foam

Cara pemakaiannya sederhana saja, cukup tuang sabun secukupnya ke telapak tangan, basahi dengan air, pijat dan ratakan ke seluruh wajah, lalu bilas dengan air.

Review

Secara keseluruhan, saya melihat sabun cuci muka dari The Plant Base ini lumayan menarik, terutama dengan konsepnya yang berbahan dasar ekstrak tumbuhan daripada air. Dari segi tekstur dan aroma juga sama sekali tidak masalah. Busa yang dihasilkan dari bahan surfaktan alami tidak membuat kulit jadi kering apalagi memberi efek ketarik. Selain itu, efek busanya ini enak banget saat dipijat ke kulit.

Now, it’s time to reveal the truth! Terutama tentang uji bersih mencuci wajah dengan makeup tanpa menggunakan first cleanser. Untuk uji bersihnya ini, saya sudah membuat video singkat yang teman-teman bisa tonton di bawah ini:

Seperti yang teman-teman lihat di video tadi, rupanya memang kalau tidak menggunakan first cleanser hasil bersihnya masih kurang. Masih ada sisa-sisa makeup ketika dicoba dengan micellar water. Jadi, menurut saya membersihkan wajah dengan double cleansing tetap diperlukan, terutama untuk menghapus makeup yang lumayan ‘berat’.

Next, kalau sudah ngomongin produk, pasti pada penasaran kan beapa harga The Plant Base Natural Cleansing Foam ini dan gimana cara dapetinnya?

Well, rangkaian produk The Plant Base ini cuma bisa didapatkan via e-commer Salubritas. Harga yang dibanderol adalah Rp 266.000,- untuk harga non-partner, tapi jika kamu mendaftar sebagai partner, kamu bisa mendapatkan sabun ini seharga Rp 239.000,- saja. Merasa kemahalan? Menurutku harga tersebut masih terbilang wajar mengingat bahan utama yang mereka pakai bukanlah air sulingan, melainkan ekstrak tumbuhan yang prosesnya pastilah tidak mudah. Namun, kembali lagi murah/ mahal itu relatif tergantung kemampuan masing-masing ya.

Lantas, gimana caranya menjadi partner Salubritas? Gampang kok, kamu tinggal klik link www.salubritas.co.id dan daftarkan diri kamu secara GRATIS! Setelah terdaftar sebagai partner Salubritas, kamu juga bisa lho dapat penghasilan tambahan cukup dengan kerja dari rumah dan mereferensikan teman-temanmu untuk berbelanja produk-produk eksklusif yang dijual oleh Salubritas. Menarik nggak tuh? Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya buatkan pos tersendiri ya tentang sistem kerja Salubritas ini.

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, sekarang saya mau simpulkan sedikit mengenai kelebihan dan kekurangan dari produk The Plant Base Natural Cleansing Foam ini:

KelebihanKekurangan
Bahan dasar dari ekstrak tumbuhan Tetap membutuhkan first cleanser agar wajah benar-benar bersih dari sisa makeup
Kaya akan minyak esensial yang sudah tersertifikasi ECOCERTUkuran kemasan tergolong besar, untuk travelling sebaiknya dipindah ke botol kecil
Tidak mengandung 17 jenis bahan berbahayaHarga tergolong pricey untuk sebagian orang
Komposisi bahan terdiri dari bahan-bahan natural
Aman untuk bumil dan busui

So, sekian dulu review saya kali ini. Nantikan artikel-artikel berikutnya karena saya masih akan membahas beberapa produk lain dari rangkaian Nature Solution The Plant Base ini. See you!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

16 Comments

  1. Bisa bersih tuntas ya wajah pake produk ini, boleh deh masuk keranjang wishlist

  2. Ngebayangin habis ini seger banget bakalan ya Setelah makenya. Bahannya menggunakan bahan alami pula jadi aman di kulit kita ya Kak

  3. Kalau mpo suka bitol besar karena hanya pemakaian di rumah saja. Lumayan bisa irit dan menghemat. Bisa pakai sebulan the plan base natur cleansing foam

  4. yaampung konsepnya bagus banget, padahal aku udah tertarik pas dibilang double cleansing itu. beneran sekepo itu mau coba, tp ttp kurang nampol ya ternyata dia

    1. tetap harus double cleansing πŸ˜€

  5. Wah ini time saver banget dibandingkan double cleansing hehehe apalagi ingredientsnya aman bgt cucok utk bumil seperti daku..

  6. Untuk ku, pertama kalinya mendengar brand asal Korea ini.. bagus juga klaimnya dapat membersihkan seperti double cleansing.. di Indonesia masih sulit di dapatkan ya ci? Aku mw kepoin di web yg Cici kasih itu deh 😍

    1. sekarang ini emang cuma dijual via salubritas itu πŸ™‚

  7. Suka banget aku tuh sama produk yang 2in1 gini jadi gak perlu repot hapus makeup baru cuci muka.

  8. Ketika brand lain sibuk mengaku-ngaku bahwa produk mereka adalah produk herbal, maka saya rasa The Plant Base ini justru herbal sungguhan. Jadi pingin nyoba facial cleanser foam-nya deh sebagai gantinya sabun wajah.

  9. The Plant Base ini udah menariq hatiku dari lama tapi masih maju mundur krn harganya, tapi jadi yakin deh pengen purchase apalagi ga ada sls dan no paraben

  10. Asyik wajah pasti bakalan lebih bersih nih mba karena double cleansing ini. Makasih reviewnya mba. Bisa jadi pilihan ini πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *