tips memilih bra
Miscellanous Tips & Tell

Tips Memilih Bra yang Nyaman

Apakah teman-teman pembaca setia Mel’s Playroom masih ada yang merasa belum nyaman dengan bra yang dimiliki? Kalau iya, di artikel kali ini, saya mau sharing sedikit tentang tips memilih bra yang tepat supaya kita juga merasa nyaman saat memakainya.

Cara terbaik memang dengan mencoba langsung sebelum membeli. Namun, biasanya ada beberapa gerai bra yang memiliki kebijakan tidak bisa mencoba di tempat dengan alasan kebersihan dan kesehatan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mempelajari tips berikut agar tetap bisa memilih bra yang nyaman dan tepat ketika menemukan toko yang melarang coba langsung. 

3 Tips sederhana saat memilih bra

Tips Memilih Bra yang Nyaman

Cara mengukur lingkar bra

Hal paling mendasar yang perlu kita cari tahu adalah mengukur lingkaran dada untuk menentukan ukuran bra yang pas. Seperti kita ketahui, ukuran bra di Indonesia memakai sistem nomor 32, 34, 36, 38, 40, dst untuk menandakan lingkar dada dan alfabet AA, A, B, C, D, dst sebagai ukuran cup-nya. Untuk mengetahui lingkar dada, kita bisa melingkarkan pita meteran tepat dibawah payudara. Setelah mendapat angkanya, lebihkan 10 cm, dan jika hasilnya ganjil, semisal 37, maka silahkan genapkan angka tersebut menjadi 38. Dengan demikian ukuran bra yang harus kita cari adalah 38.

Cara mengukur cup bra

Setelah mengetahui ukuran bra, tahap selanjutnya adalah menentukan ukuran cup bra. Caranya dengan melingkarkan pita meteran di sekeliling payudara. Kemudian, kurangi hasil lingkar dada dengan lingkar payudara. Hasil selisihnya merupakan ukuran cup yang harus kita cari. Apabila selisihnya hanya 2,5cm, maka ukuran cup-nya adalah AA, sedangkan untuk 5cm, ukuran cup bra yang digunakan adalah A, untuk selisih 7 dan 10 cm, ukuran cup bra yang digunakan adalah C dan D.

Mengukur cup bra ini penting agar dapat menopang payudara kita dengan sempurna, tidak terasa sempit hingga payudara seolah hendak ‘tumpah’ keluar ataupun terlalu longgar hingga terlihat kopong. Memakai bra dengan ukuran lingkar dada dan cup yang pas juga merupakan salah satu syarat menjaga kesehatan payudara kita.

Tips Memilih Bra yang Nyaman
Felancy t-shirt bra 1/2 cup

Memilih bahan bra yang nyaman

Tips ketiga adalah memilih bahan bra yang nyaman. Jika kita banyak beraktivitas di luar ruang, penting untuk mencari bahan bra yang mudah menyerap keringat tapi tidak membuat kulit lembab dan berbahan elastis agar tidak mengganggu gerak-gerik. Tak hanya dari segi bahan yang elastis dapat menyerap keringat, bahan bra yang baik juga tidak terjiplak ketika mengenakan kaos atau meninggalkan bekas kemerahan pada kulit.

Baca juga: Produk Ini Dapat Merawat Pakaian Lebih Tahan Lama

Soal memilih bahan bra yang nyaman, saya punya rekomendasi produk, yakni Felancy T-shirt Bra. Produk bra dari Felancy merupakan salah satu favorit saya. Ada beberapa bra yang saya miliki saat ini merupakan keluaran Felancy. Selain harga yang terjangkau, saya suka dengan kualitas bahannya yang bikin nyaman, salah satunya adalah produk T-shirt bra ini.

Tips Memilih Bra yang Nyaman
Felancy t-shirt bra 3/4 cup

Felancy t-shirt bra merupakan produk bra yang menggunakan kawat dan terbuat dari bahan microfiber yang elastis dan cepat kering. Bra ini berfungsi untuk mengangkat dan menambah volume payudara karena memiliki padding di bagian dalamnya. Padding-nya ini juga bisa dilepas-pasang kok tergantung selera. Kalau saya pribadi, kebetulan lebih suka bra yang ada padding-nya karena bisa dijadikan sebagai push-up bra juga.

Karena bahannya yang nyaman, bra ini cocok dipakai sehari-hari termasuk ketika menggunakan kaos sekalipun, tidak perlu takut bra akan terjiplak. T-shirt bra ini juga memiliki 4 pilihan warna yang bisa kita pilih sesuai selera: navy blue, pink, grey, dan beige.

Felancy t-shirt bra memiliki 2 pilihan model cup: 1/2 cup dan 3/4 cup. Kalau saya sih punyanya yang warna pink di ¾ cup dan warna navy di ½ cup. Bra ini juga memiliki tali dengan pengait yang bisa dilepas-pasang, tidak perlu khawatir ketika harus mengenakan baju bertipe strapless. Untuk yang varian 1/2 cup, bra-nya memiliki 3×3 lubang pengait, sedangkan yang tipe 3/4 cup memiliki 2×3 lubang pengait.

Felancy t-shirt bra

Saat saya coba memakai t-shirt bra ini, bahan bra-nya benar-benar terasa halus walau bahannya saat diraba terasa seperti bahan satin. Bagian cup-nya juga empuk dan tidak terlalu kaku. Ketika dipakai beraktivitas juga tidak menimbulkan rasa lembab di kulit akibat keringat.

Foto di atas merupakan perbandingan antara memakai bra dari Felancy 1/2 cup vs non-Felancy. Terbukti, bahan bra-nya ternyata tidak menyebabkan jiplakan walau kita memakai bahan kaos. Recommended banget buat teman-teman penggemar kaos tanpa harus takut bra kita terjiplak. Selain itu, terlihat juga payudara saya lebih terangkat dibanding ketika mengenakan bra non-Felancy.

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mencoba produk Felancy bisa langsung mengunjungi websitenya di www.felancy.co.id. Saat ini sedang ada promo produk T-shirt Bra dari harga Rp 140.000 menjadi Rp 84.000 saja. Kalau mau tahu koleksi bra Felancy lainnya atau update promo terbaru, langsung aja melipir dan follow akun instagramnya @felancy_intimate

Memakai bra dengan cara yang benar

Karena faktor kenyamanan nggak hanya dari ukuran dan bahan saja, kita juga wajib tahu nih cara memakai bra yang benar juga. Berikut ini cara pemakaian bra yang benar dilansir dari website Felancy:

  • Posisikan bra dengan tali berada dipundak, gunakan kedua tangan untuk mensupport bagian bawah cup.
  • Bungkukan badan kurang lebih 45 derajat, posisikan payudara berada didalam cup. Pastikan bagian cup sudah di posisi yang benat & nyaman untuk payudara anda.
  • Tegakkan badan, raih kedua pengait yg ada di belakang badan lalu kaitkan. Jika masih longgar bisa dipindah kebagian kait yang lebih dalam.
  • Atur tali bra dan rapihkan payudara dengan mengangkat bagian samping payudara ke tengah cup dan pastikan posisi payudara nyaman. Cek bagian bawah cup hingga ke arah pengait harus sama dan lurus.
  • Angkat kedua tangan keatas, gerakkan badan dan pastikkan bra tetap pada posisi yang pas dan nyaman.

Sekian dulu tips memilih bra yang nyaman dari saya, semoga bermanfaat buat teman-teman sekalian. Thanks for reading and see you in the next post! 🙂

Referensi sumber artikel: doktersehat.com  

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

18 Comments

  1. RACHMANITA says:

    Sama banget Moms aku juga pakai felancy ini karena emang nyaman banget kalau dipakai dan aku suka

  2. Wah makasih nih tipsnya. Aku jadi tahu deh cara memilih ukuran bra yg tepat.

  3. kalau aku syarat memilih bra pertama adalah adem dan ga bikin iritasi 🙂 karena kalau ga adem suka keringetan yang berakhir lecet2 🙁

  4. pertimbangan penting saat beli bra adalah bahannya harus adem dan cepet kering. Soalnya kalau lagi hamil kayak aku gini gampang banget keringetan, huhuhu. Felancy cocok dijadikan pilihan.

  5. waaa kemaren felancy lagi banyak promo ya beb, duh kelewat uy belum sempet beli huhu sedih, btw bra itu emang harus banget pilah pilih yang beneran nyaman yaaa

  6. kalau lihat fotonya jg kalau pakai bra felancy jg jadi lebih kencang dan gak melwbar yaa payudaranya. ah jd mau beli. udah punya CDnya yg colorful dan nyaman dipakai. tinggal branya nih

  7. wah infonya bermanfaat sekali, baru tau juga cara mengukur ukuran bra hehe

  8. Aku juga pakai bra nya felancy juga bebh, kebetulan lagi promo ya t-shirt bra nya. Cuuss ahh meluncur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *