Tips Sukses Buka Usaha Kue & Roti Rumahan

usaha kure roti rumahan

Hidup di era digital sekarang ini membuat kita memiliki banyak peluang untuk melakukan usaha dari rumah. Bagi seorang ibu rumah tangga pun semakin terbuka peluang-peluang untuk tetap berpenghasilan tanpa mengabaikan kewajiban utama. Salah satunya dengan membuka usaha kue dan roti rumahan.

Sebelumnya saya sempat membuat artikel tentang menjadi freelancer mom sebagai salah satu alternatif pekerjaan bagi IRT. Pada artikel kali ini saya ingin share tips sukses di bidang usaha kue dan roti rumahan bagi moms yang punya passion di sana. Semoga bermanfaat!

Bisnis yang bergerak di bidang makanan memang tidak dapat dipungkiri memiliki prospek yang bagus, sangat menjanjikan apabila Anda sendiri pintar di dalam mengelolanya. Bahkan dari segi modal yang harus dikeluarkan sebenarnya juga tergolong kecil, moms bisa mencoba menggeluti bisnis kue dan juga roti rumahan. Salah satu yang peluangnya sangat bagus, bahkan cocok untuk dilakukan para ibu rumah tangga yang ingin mendapatkan pemasukan bagi keluarga.

Ada beberapa tips sukses untuk memulai usaha tersebut, diantaranya adalah:

  1. Berkreasi dengan menjual menu yang berbeda dari yang lainnya. Cobalah untuk berinovasi menemukan resep baru yang pastinya enak dan memiliki tampilan menggoda. Contohnya seperti martabak. Apabila martabak coklat sudah sangat biasa, sebagai diferensiasi moms bisa berikan pilihan topping lain yang lebih inovatif.
  2. Membangun relasi dengan pelanggan dan jaga kualitas rasa kue/ roti agar tetap sama, atau bahkan dapat ditingkatkan menjadi lebih enak. Moms juga bisa membangun relasi dengan pelanggan, misalnya dengan membuat grup Whatsapp atau akun Instagram agar usahanya lebih laris. Karena biasanya pelanggan yang puas dengan rasanya berpotensi menjadi pelanggan setia, dan besar kemungkinannya mereka akan mengajak temannya untuk membeli kue/ roti jualan moms.
  3. Perluas pemasaran, salah satunya dengan memasarkan produk kue tersebut secara online. Pemasaran online ini banyak dipilih sebagai alternatif promosi yang terjangkau, apalagi di tengah situasi pandemi seperti sekarang ini. Selain itu, dengan memasarkan secara online, segmentasi pasar mom juga bisa menjangkau area yang lebih luas lagi. Tak hanya orang-orang yang ada di sekitar rumah atau keluarga saja, melainkan juga daerah lain.
  4. Jalin kerjasama penjualan lewat ojek online, misalnya menjadi mitra Grabfood atau Gofood. Cara ini patut dipertimbangkan, karena selain memudahkan sistem penjualan moms, kerjasama ini juga dapat membuat usaha moms mudah ditemukan oleh pelanggan yang ingin membeli kue/ roti tersebut.

Membuka usaha secara rumahan kini tak lagi menemukan banyak kendala. Dengan beberapa kiat di atas, kesempatan untuk bisa terjual laris manis juga tetap ada. Bagi moms yang mau membuka usaha kue dan roti secara rumahan pun bisa membeli bahan-bahanya secara online, misalnya melalui TokoWahab. Toko online ini menyediakan berbagai macam bahan pembuatan mulai dari tepung, gula, aneka topping termasuk keju dalam berbagai merk. Moms bisa mampir dan melihat-lihat etalase produk di sana dengan harga yang kompetitif.

Tertarik untuk membuka usaha kue dan roti rumahan juga, Moms? Selamat berusaha dan tetap semangat ya!

Melissa Tjia

Born in 1988 and currently living as a wife and mom of a couple kids. Been blogging since 2012 and have collaborated with numerous brands from various industries. In 2018, decided to be a full time blogger while nursing kids at home. For inquiries please contact hello@melsplayroom.com.

15 Comments

  1. Jadi inget dulu pas SD pernah jualan roti buatan ibuku. Aku jualnya ke temen temen SD. Tapi karena waktu itu jual roti bukan pekerjaan utama, jadi sekarang udah terhenti deh. Padahal kami udah ada merek sendiri, dan laku terus kalau dititipin di warung warung di kecamatan

  2. Masak itu memang perlu banget bahan-bahan pilihan dan kerjasama dengan ojek online.
    Agar menjangkau lebih luas target marketnya yaa..

  3. Sekarang banyak banget yang jualan makanan yaa hehee, aku kayanya lebih memilih untuk menikmati dan jadi pembeli aja hahaha, belum berani nih masak masak buat di jual haha

  4. Aku tu suka masak dan waktu itu adek ku nyuruh jualan aja pake online gituu, tapi gatau kenapa aku ga pede deh huhu

  5. Anakku yang nomor 5 tertarik banget sama usaha kuliner terutama toko kue dan roti mbak, bisa menjadi referensi nih, makasih yaa

  6. tipsnya membantu banget mba Mels untuk buka usaha makanan gini, kebetulan adek tuh pintar masak tapi suka bingung-bingung gitu mau mulai usahanya. oke berkreasi, membangun relasi, promosi dan kerjasama dengan Gofood ini menjadi kunci utama ya. memang kayaknya potensial banget sekarang untuk bekerjasama dengan Gofood karena semua orang sekarang pengen serba praktis tinggal pesan antar ya

  7. Nice info kak, aku setuju banget. Membuat kreasi yg belum pernah di jual atau beda dari yang lain jadi awal yg bagus buat buka usaha. Jd ada ciri khasnya gtu ya kak

  8. Aku nda punya bakat maupun passion di bidang masak-memasak mba. Hobinya makan aja hehehe… nglarisi yang pada dagang makanan. Banyak teman yang buka usaha kuliner rumahan nih sejak pandemi ini. Keren ya yang mampu berniaga dalam bidang perbakingan gini. Baking tuh ga gampang soalnya.

  9. Aku biasanya bagian incip-incip kak Mel hahahah, aku ga bisa bikin kue nggak ada oven tapi kue nggak kudu pake oven ya kan? Biasanya sih aku jadi bagian tim pemasarannya aja ehhehe. Soalnya ga mahir bikin.

  10. Sepakat mba unyuk kerjasama online untuk memudahkan transportasi. Jadi banyak pilihan ssarana pengiriman ya

  11. Aku bisa sih bikin kue karena memang suka berkreasi, tapi masih gak pede kalau harus dijualin. hehe.

  12. Aku suka banget jajan roti dan kue tapi gak bisa bikinnya, aku jadi bagian yang beli aja deh kalau ada yang buka usaha kue rumahan gini.

  13. Aku kue tertentu yang sering bikin, kayak kastengel, cookies coklat dan bolu coklat masih bikin sendiri tapi kalau yang ribet-ribet gitu senangnya beli aja. Berarti Toko Wahab ini sedia bahan-bahan kue juga ya, coba kita intip-intip dulu.

  14. aku sih prefer beli drpd bikin sndr mels, hahaa soalnya kebanyakan gagalnya drpd suksesnya, belum lagi penampakannya biasanya ancur2an wkwkwkk

    1. Sama ci. Aku juga bukan yg sabar bikin kue. Uda lama gagal pula. Ngeselin 🤣🤣🤣, bikin puding regal aja 3x gagal. Bye 🙋

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow Me!
error: Do not copy! Please share the link instead. Thanks!
%d bloggers like this: