AIQQON
Miscellanous

Transaksi Tanpa EDC dengan AIQQON

AIQQON hadir sebagai agregator yang menghubungkan segala jenis transaksi non tunai dalam satu aplikasi untuk memudahkan pembayaran. Tanpa perlu mesin EDC!

Kehadiran AIQQON memang ditujukan untuk membantu para pelaku usaha, terutama UMKM dan Industri Kreatif dalam melayani transaksi pembayaran. Dewasa ini, penggunaan mesin EDC sebagai media pembayaran untuk kartu debit/ kredit memang sudah tidak asing lagi. Namun, dibaliknya masih banyak pelaku usaha UMKM yang kesulitan dengan proses pendaftaran untuk memperoleh mesin EDC. Dengan adanya AIQQON, diharapkan para pelaku usaha UMKM dapat lebih mudah menerima transaksi non-tunai karena hanya cukup mengunduh 1 aplikasi saja. Lebih murah, universal, mobile, dan fleksibel.

AIQQON Transaksi Tanpa EDC
dok. pribadi

Di dalam aplikasi AIQQON sendiri tidak hanya untuk menggantikan proses pembayaran dengan mesin EDC, tapi juga menjembatani metode pembayaran yang menggunakan sistem E-wallet atau uang elektronik. Produk E-wallet milik pemerintah yang belum lama ini diluncurkan, Link Aja, sudah tergabung ke dalam aplikasi AIQQON. Sementara itu untuk E-wallet OVO, sedang dalam proses kerjasama.

Nampak sekilas mungkin kehadiran AIQQON serupa dengan Link Aja, OVO, Go-Pay, Dana, dsb. Yang membedakan adalah, cukup dengan install 1 AIQQON, kita dapat memuat semua aplikasi e-wallet tersebut dan tidak perlu yang namanya Top-Up. Tak hanya menjangkau dompet elektronik, pembayaran via kartu debit dan kredit di dalam aplikasinya. Sesuai tujuan mereka, benar-benar menggantikan mesin EDC dan menjangkau pelaku usaha mikro.

Baca juga: Cara Mudah Dapat Penghasilan Tambahan

AIQQON Transaksi Tanpa EDC

Tanggal 15 Juli 2019 kemarin, menandai dimulainya sepak terjang AIQQON secara publik melalui acara soft launching yang diadakan di gedung Bursa Efek Indonesia. Sebagai proyek perdana, AIQQON telah bekerjasama dengan Kopkar BEI dimana setiap kegiatan koperasi dan kantin BEI telah menggunakan aplikasi AIQQON ini sebagai salah satu metode pembayaran. Thomas Nugroho, selaku pendiri PT AIQQON Triarta Mas yang membidani lahirnya AIQQON akan berupaya terus menambah merchant-merchant untuk bekerjasama dengan AIQQON.

AIQQON Transaksi Tanpa EDC

Proses untuk bergabung dengan AIQQON sendiri cukup mudah. Sebagai konsumen, kita tinggal mengunduh aplikasi AIQQON via App Store atau Google Playstore dan mendaftarkan diri mengikuti prosedur yang diarahkan. Jika kita merupakan pelaku usaha dan tertarik untuk ikut menikmati kemudahan AIQQON, ada pilihan untuk mendaftar sebagai mitra dan akan dipandu pula prosesnya, tentunya sedikit berbeda karena perlu menambahkan beberapa dokumen. Untuk mengetahui proses pendaftaran selengkapnya, bisa mengunjungi website AIQQON di sini.

Kemudian, apa sih keuntungan yang kita dapat jika bergabung menjadi mitra AIQQON?

Keuntungan utamanya tentu saja akan semakin mempermudah transaksi non-tunai tanpa ketergantungan pada mesin EDC. Cukup dengan meng-install aplikasi AIQQON dalam smartphone, sistem pembayaran yang dapat kita terima tidak hanya terbatas pada uang elektronik, tapi juga bisa menerima pembayaran via kartu debit dan kredit walau tidak ada mesin EDC. Tidak perlu khawatir akan adanya biaya MDR karena relatif akan lebih rendah dibanding MDR EDC. Beban usaha lebih ringan dong? Setuju?

Dari pandangan saya mengenai aplikasi AIQQON ini merupakan terobosan baru yang dapat membantu para pelaku UMKM dan industri kreatif. Sekarang ini, masih cukup banyak pelaku usaha UMKM yang belum terhubung dengan mesin EDC, dengan segala pertimbangan yang ada mungkin. Tapi, dengan adanya AIQQON yang cukup diunduh dari smartphone, pastinya akan lebih mudah dijangkau oleh para pelaku usaha mikro tersebut.

Saya sendiri memiliki usaha online kecil-kecilan yang selama ini transaksinya melalui internet banking. Sempat ingin terpikir bisa menghubungkan dengan dompet elektronik seperti Go-Pay dan OVO, tapi melihat biaya administrasi yang dibebankan, membuat saya berpikir ulang. Dengan adanya aplikasi AIQQON saya berharap kendala beban administrasi ini bisa diatasi atau setidaknya diringankan sehingga saya bisa memberikan pilihan metode pembayaran yang lebih leluasa kepada pelanggan saya. Katakanlah pelanggan saya seorang pegawai kantoran yang belum tentu memiliki e-banking atau ATM banknya tidak berada di lokasi terdekat, sedangkan dia butuh barang dari saya urgent. Dengan adanya AIQQON, mereka bisa dengan mudah melakukan pembayaran entah dengan True Money, OVO, Link Aja, atau apapun yang memudahkan mereka.

Meski merupakan aplikasi anyar, AIQQON sendiri sudah terdaftar secara resmi di lembaga pemerintah dan mengantungi manajemen mutu ISO. AIQQON juga diawasi langsung oleh Keminfo dan menggunakan sistem 3D secure sebagai fitur keamanannya.

Yuk, ramai-ramai pakai AIQQON untuk transaksi non tunai yang aman dan mudah tanpa perlu pakai mesin EDC! 😁

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

22 Comments

  1. wah aku baru tau nih beb. pas banget yang punya usaha kaya aku gini. thanks for sharing ya 🙂

  2. Untuk para pelaku usaha pasti bakal terbantu banget dengan adanya aplikasi ini. Apalagi didalamnya banyak fitur yang mendukung sekaligus dipandu pula. Makin mudah aja ya mba

  3. Yesi Rulianis says:

    Semakin canggih aja zaman sekarang gk prlu bawa uang bnyak.cukup bawa hp aja.yg penuh dgn apliksi keuangan

  4. Baru tau ada aplikasi ini. Tetobosan baru nih, makin lm dunia technologi semakin pesat.., jd lebih mudah buat transaksi online, gak ribet harus bnyk mesin edc yaa ..

  5. Makin kece aja yah Kak, ngebantu banget buat UMKM yang terbentur oleh nominal

  6. rimaangelblogspot says:

    Wah aplikasi baru lagi neh jadinya. Makin mempermudah banget adanya yang beginian dah.

  7. Auda says:

    Bermanfaat banget ternyata ya, Ci. Harus banget edukasi tentang ini sampai ke daerah-daerah.

  8. sangat membantu para online seller nih.. semoga aman dan lebih praktis tentunya tanpa embel-embel biaya yang membebankan

  9. Ini fintech ya? Makin beragam aja ya fintech di Indonesia😍

  10. Sekarang zaman serba aplikasi. Tinggal cari aja mana yang paling memudahkan. Jadi banyak pilihan juga untuk masyarakat, ya

  11. sitrohhh says:

    Banyak ya yg cangiih makin ke depan makin canggih aja keren loh

  12. sitrohhh says:

    Wah ini baru ya makin kesini semua makin canggih ya keren

  13. Veee Ari says:

    kalau diawasi langsung dari Kominfo ya pasti percaya nih sama aplikasi ini, bagus juga yaaa

  14. valentinalavina says:

    Tanpa harus TOP UP? Pasti enggak ribet, simple dan cepet. Praktis banget. Ini wajib banget buat aku dan suami cobain deh

  15. Rachmanita says:

    Usahaku udah aku daftarin disini juga loh… Seru ya

  16. Sistem pembayaran yang praktis ya, 1 aplikasi bisa menerima semua pembayaran, ga ribet dan bener2 sangat membantu sekali

  17. Praktis ya jadinya, tinggal instal saja. jadi pengen tahu fitur lengkapnya.. Tfs mb…

    1. Jadi meskipun ada keterbatasan dana, umkm tetap bisa dimudahkan adanya kemajuan teknologi dengan adanya aplikasi ini yaa…

  18. Mahardhika Kartikandini says:

    keren ya kak, emang jaman sekarang toko2 dan usaha2 harus siap dengan cashless

  19. julz kurniawan says:

    Jadi memudahkan pihak merchant yah, Gak perlu banyak mesin EDC Di counter, cukup 1 untuk semua

  20. Resty Yudha says:

    ada lagi yang canggih gini.. sekarang emang semakin dipermudah yaa.. apalagi kalo udh terbukti aman..

  21. Luella Artistry says:

    Wah gila ya. Makin kesini teknologi semakin berkembang dan bisa mempermudaah orang orang. Mantul bgt!

Leave a Reply