Water Wash Balm
Beauty Product Review Skincare

Water Wash Balm by Juice To Cleanse Review

Setelah sempat ramai produk oil to foam, kini ada lagi dari Juice To Cleanse dimana mereka mengeluarkan produk dengan konsep balm to foam. Seperti apa rupanya Juice To Cleanse Water Wash Balm ini? Mari kita telaah lebih jauh.

Tentang Water Wash Balm

Juice To Cleanse merupakan salah satu brand skincare korea yang belum lama ini memasuki pasar kosmetik. Dari 3 jenis produk pembersih yang ada di Hicharis, saya tertarik mencoba produk cleanser-nya yang berupa water wash balm ini. Alasannya sederhana, yakni unik dan rasanya baru kali ini ada brand yang mengeluarkan format cleanser seperti ini.

Seperti yang sudah disinggung di atas, pembersih ini berupa balm to foam. Kalau balm biasa akan melted menjadi milky ketika tersentuh air, Water Wash Balm ini akan menjadi busa. Bisa dibilang ini merupakan jenis pembersih dwifungsi, yang sudah mencakupi first and second cleanser. Selain itu, Water Wash Balm juga sudah dibekali dengan pelembab sehingga tidak membuat kulit menjadi kering dan kesat setelah pemakaian.

Keunggulan lain dari produk ini terletak pada komposisinya yang menggunakan all EWG GREEN ingredients dan tidak menggunakan bahan berbahaya. Produk ini juga telah melewati uji iritasi kulit dan iritasi mata.

Ingredients

Water, Glycerin, Sodium Cocoyl Isethionate, Sodium Stearate, Hydrogenated Coconut Acid, Sodium Isethionate, Polyglyceryl-10 Laurate, Butylene Glycol, Citric Acid, 1,2-Hexanediol, Caprylyl Glycol, Caprylic/Capric Triglyceride, Ethylhexylglycerin, Allantoin, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Coco-Glucoside, Disodium EDTA, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Cinnamomum Camphora (Camphor) Bark Oil, Melia Azadirachta Flower Extract, Ocimum Sanctum Leaf Extract, Polyglyceryl-10 Myristate, Melia Azadirachta Leaf Extract, Sodium Citrate, Curcuma Longa (Turmeric) Root Extract, Corallina Officinalis Extract, Jasminum Officinale (Jasmine) Flower Extract, Carica Papaya (Papaya) Fruit Juice, Ananas Sativus (pineapple) fruit juice, Mangifera Indica (Mango) Juice, Citrus Aurantifolia (Lime) Juice, Chlorphenesin

Pada laman keterangan produk, tertulis bahwa Water Wash Balm ini mengandung ekstrak buah-buahan yang menjadi keunggulannya. Buah-buahan tersebut terdiri dari: Lemon, Lime, Mango, Papaya, dan Pinapple. Namun bisa dilihat pada keterangan komposisi di atas, ekstrak buah tersebut kebanyakan berada di bagian akhir, which means persentasenya lebih sedikit.

Meski demikian kita bisa melihat adanya glycerin, kedua setelah air sehingga benar adanya produk ini mengandung bahan pelembab yang cukup banyak. Selain itu, ia juga tidak mengandung bahan sulfat yang biasa ada di dalam produk pembersih untuk menghasilkan busa.

Baca juga: Illiyoon Probiotic Drop Essence Review

Review Water Wash Balm

Packaging

Juice To Cleanse Water Wash Balm dikemas dalam bentuk jar berwarna kuning mentereng dan menyediakan spatula, seperti kebanyakan produk cleansing balm. Pada bagian dalamnya terdapat aluminium foil seal untuk menjaga keamanan produk. Oh ya, Water Wash Balm ini beratnya 200 gr.

Kalau produk cleansing balm lain biasanya menyediakan inner lid sebagai tempat menaruh spatula, tidak dengan Water Wash Balm ini. Karena inner lid-nya diganti segel, spatula yang ada jadinya saya benamkan saja ke dalam jar supaya tidak hilang. Saya sendiri kurang tahu sih apakah metode ini bisa dibenarkan apa tidak. Soalnya saya tergolong ceroboh kalau taruh spatula begini, jadi daripada hilang lebih baik saya taruh di dalamnya saja. Ada pendapat mungkin?

Texture & Scent

tekstur water wash balm

Tidak seperti kebanyakan cleansing balm yang bentuknya padat, Water Wash Balm justru memiliki tekstur yang cenderung creamy dan lembek. Keuntungannya tentu saja jadi lebih mudah dibaurkan ke kulit dan memudahkan emulsi. Jujur saja ketika melihat tekstur ini, otak saya langsung mengarah pada dessert saking creamy-nya.

Biasanya saya cukup ambil 1 scoop untuk membersihkan seluruh wajah. Sangat irit dan bisa tahan lama. Namun, pada kemasan tertera informasi bahwa produk ini sebaiknya dihabiskan dalam 12 bulan setelah dibuka.

Selain itu, produk ini juga memiliki aroma citrus manis yang lembut. Aromanya sama sekali tidak mengganggu selama pemakaian.

Result

Pada foto di atas bisa terlihat kalau untuk membersihkan eyeliner waterproof ternyata produk ini agak kurang nampol. Lagipula, saya sendiri kurang menyarankan sih membersihkan makeup mata dengan cleansing oil atau balm ini karena biasanya kurang nyaman. Untuk eye makeup saya selalu menganjurkan lebih baik menggunakan makeup remover atau micellar water terlebih dahulu.

Kemudian setelah diberi air, teksturnya berubah menjadi busa sehingga kita bisa langsung membilas wajah dengan ringkas. Saya sendiri sudah mencoba hanya menggunakan cleansing balm ini saja tanpa lanjut menggunakan sabun as second cleanser, lalu menguji kebersihannya dengan menyapukan toner. Hasilnya ternyata produk ini layak digunakan sebagai the only cleanser ketika kita hanya menggunakan sheer makeup. Namun, untuk heavy makeup saya tetap menyarankan double cleansing agar lebih terjamin kebersihannya.

water wash balm

Efek yang dirasakan setelah menggunakan Water Wash Balm secara tunggal ini, sama sekali tidak terasa kering dan kesat. Saat lanjut menggunakan skincare pun tidak ada masalah sama sekali. Paling perlu diperhatikan higienitas spatulanya agar benar-benar kering saat dibenamkan ke dalam jar seperti saya. Kalau ada air dan dibenamkan, takutnya malah memunculkan jamur di dalam produk.

Karena packaging-nya tergolong bulky, produk Water Wash Balm ini lebih nyaman dipakai di rumah. Saat bepergian, bisa dipindahkan ke travel size jar untuk menghemat ruang.

Baca juga: Peelsu Pure Cleansing Foam

Why you should try?

ProsCons
Teksturnya beda dan lebih nyaman, mudah dipindahkan ke mini jar untuk travellingHarga tergolong pricey tapi sebanding dengan jumlah isi dan lama pemakaian*)
Bahan yang digunakan aman untuk semua jenis kulitTidak ada inner lid khusus sehingga harus memperhatikan higienitas spatula
Tersedia spatula dan bisa dibenamkan ke dalam jarPengiriman dari luar negeri sehingga harus lebih sabar sedikit
One step cleanser yang bisa diandalkan untuk makeup tipis
Kulit terasa lembab, tidak kering, dan tidak kesat setelah pemakaian

*) Untuk one time purchase memang terasa lebih mahal, tapi sebagai referensi, silahkan perhatikan perhitungan berikut:

Harga Rp 390.000 / 12 bulan = Rp 32.500 per bulan

Diambil 12 bulan mengingat produk baik digunakan dalam jangka waktu tersebut setelah dibuka. Dari perhitungan di atas, bisa dibilang kita cuma mengeluarkan uang sebesar Rp 32.500 per bulan untuk membeli produk yang bisa dipakai selama setahun. Menurut saya harga tersebut tergolong hemat.

Where to Buy Water Wash Balm

water wash balm

Bagi teman-teman yang tertarik mau mencoba Water Wash Balm ini bisa via Charis Shop saya. Harganya Rp 390.000 sudah diskon dan jauh lebih murah daripada beli di marketplace.

Thanks for reading and see you in the next post!

Melissa Tjia

Author of Mel's Playroom - Mom and Beauty Blogger.

A full time mom and a part time blogger who occasionally escape to blogging as her stress release therapy.

You may also like...

27 Comments

  1. menarik banget buat dicoba nih, tapi harganya pricey ya huhu aku termasuk yang selalu double-triple cleansing jadi pasti cepet abis kalo dipake tiap hari ya

  2. Hastira says:

    makasih reviewnya

  3. Akhirnya aku tau ini produk apa.. Awalnya bingung, ini 1st cleanser atau 2nd cleanser?? Hehe.

    1. first cleanser yang merangkap bisa jadi 2nd cleanser juga cha hehehe

  4. Untuk pemakaian rutin, aku rasa gakkan sampai stahun yaa…
    Apakah Water Wash Balm Juice ini aman dipakai setiap hari pagi dan malam sebagai cleanser?

  5. Sayang banget kalau harus pesan dari luar negri ya, kadang nggak sabar gitu aku tuh kalo nunggu barang idaman berlama lama

    1. iya sih, tapi kadang emang perlu sabar kalau mau harga terbaik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *